Published On: 18 Januari 2024By Categories: BeritaViews: 66

Jakarta – Webinar Bulanan BPI DDTT dengan tema “Kupas Tuntas SISKEUDES Versi 2.0.6”. Acara dimulai dengan keynote speech oleh Kepala BPI DDTT Dr. Ivanovich Agusta, S.P., M.Si., dan pengantar oleh Kepala Pusat Pengembangan Kebijakan PDDTT Dr. Agus Kuncoro, S.Sos., M.Si. Dalam webinar ini menghadirkan narasumber yaitu Bapak Adrian Puspawijaya, Ak., ME., CA., CRGP. selaku Koordinator Pengawasan Akuntabilitas Keuangan, Pembangunan, dan Tata Kelola Pemerintahan Desa Wilayah I – BPKP dan Bapak Fembrianto Sasongko, S.E selaku Auditor Ahli Muda BPKP sekaligus narasumber teknis pada webinar ini (18/01).

Kepala BPI menyampaikan bahwa Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) memiliki versi terbaru yaitu 2.0.6. Penting diskusikan bersama dalam memahami aspek teknis maupun penggunaan dari aplikasi ini. Pengelolaan dengan berpedoman pada 13 jenis regulasi yang mengatur dana desa ditambah dengan alokasi dana desa (ADD) di tahun 2024.

Selanjutnya Kepala Pusat Pengembangan Kebijakan PDDTT menambahkan bahwa, webinar ini mengundang narasumber yang ahli pada bidangnya dengan tujuan untuk menyampaikan informasi terkait isu maupun kebijakan di level pemerintah provinsi, kabupaten hingga desa. Dan sebagai bahan masukan untuk penulisan kebijakan.

Narasumber menyampaikan bahwa aplikasi SISKEUDES adalah alat untuk membantu tata kelola keuangan desa (Permendagri Nomor 20 Tahun 2018). Harapannya yaitu transparansi akuntabilitas keuangan desa. Aplikasi ini menyesuaikan kebutuhan dari SDM Desa sehingga diharapkan perangkat desa bisa mengoperasikan aplikasi ini. Aplikasi SISKEUDES Versi 2.0.6 memiliki beberapa fitur terbaru seperti penambahan Fitur (13 fitur update) dan pengendalian pada aplikasi (12 fitur update). Kunci keberhasilan penerapan aplikasi SISKEUDES, komitmen Pemerintah Daerah dan Desa dalam menerapkan SISKEUDES secara berkelanjutan.

#Siskeudes
#Desabisa
#DesaMajuIndonesiaMaju
#WebinarBPI
#BPKP
#BPIDDTT
#BPIKemendesa
#KemendesaPDTT